Adek Besok Enggak Usah Sekolah Ya

Parenting

“AH, masih di TK ini, enggak apalah sekali-sekali bolos sekolah!” Mungkin begitu pemikiran sebagian besar orangtua. Apalagi alasannya cukup masuk akal, semisal orangtua harus keluar kota beberapa hari, sementara anak di rumah tidak ada yang menjaga sehingga “terpaksa” diajak. Sebenarnya, boleh apa enggak sih mengajari anak TK untuk membolos?

Hmm… kita pasti paham, sekolah merupakan hal yang sangat penting. Anak menuntut ilmu, berkreasi, dan bersosialisasi di sekolah. Ini berarti, anak seharusnya mengikuti kegiatan belajar-mengajar. Jika anak tidak masuk sekolah, apa pun alasannya, otomatis semua kewajibannya sebagai pelajar ditinggalkan. Tentu adakalanya anak tidak bisa masuk sekolah, semisal karena sakit. Hal ini bisa dipahami dan memang anak yang sakit sebaiknya tidak bersekolah. Lantas, bagaimana dengan membolos?

Pada anak usia prasekolah, biasanya orangtua yang meminta anak membolos. Jadi, keinginan membolos bukan datang dari si anak sendiri, melainkan ada hal-hal yang sudah direncanakan oleh orangtua dan membuat anak harus ikut. Contohnya: orangtua harus keluar kota selama beberapa hari dan membawa anak karena tidak ada yang menjaganya, ada acara keluarga atau liburan di luar hari libur yang ditentukan sekolah. Nah, ini yang harus dihindari!

SETOP MEMBOLOS!

Jadi, enggak boleh membolos ya, Mam! Alasannya begini. Kalau kita sudah memperkenalkan perilaku membolos pada anak, dampaknya akan terbawa sampai anak dewasa. Jadi, kalau sewaktu TK sudah diajak membolos, maka ketika di SD, anak akan menganggap bahwa membolos itu tidak apa-apa. Hal ini bisa terbawa terus sampai anak masuk SMP, SMA, menjadi mahasiswa, bahkan juga di dunia kerja. Tegasnya, dengan alasan apa pun dan di level mana pun, perilaku membolos tetap tidak dapat dibenarkan. Beda kasusnya jika anak sakit, tentu tidak disebut membolos. Begitu pun untuk alasan-alasan yang memang cukup kuat, semisal ada saudara/kerabat yang meninggal, tentu bisa diterima dan bisa dikategorikan sebagai izin.

Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing tentunya perlu diberikan pelatihan khusus. Berikut tempat rekomendasi kursus berbahasa Perancis di Jakarta yang terbaik dan bisa menjadi referensi untuk mama.

Parenting
Adek Besok Enggak Usah Sekolah Ya Bagian 2

Itulah mengapa, ada kolom S (Sakit), I (Izin), dan A (Alpa) pada rapor anak. Nah, untuk yang “izin”, sering kali berbeda tipis dengan “alpa”, bahkan kadang membolos “diperhalus” menjadi izin. Yang model ini tentunya juga tak boleh dibiarkan terus berlanjut. Mama Papa juga tidak diperbolehkan untuk mencaricari alasan agar anaknya …

Parenting
Ikut Lomba Sejak Usia 3 Tahun

Adelina Patty, ibu dari Jeremias David Paulus (12) “Kesukaan David pada musik saya ketahui saat usianya 9 bulan. Ceritanya, saat kakaknya sedang berlatih piano di rumah, David yang masih bayi menangis minta didudukkan disebelah kakaknya. Saat itu saya berasumsi, ‘Mungkin David ada minat juga di piano seperti kakaknya.’ Ketertarikan dan …