Adek Besok Enggak Usah Sekolah Ya Bagian 2

Parenting

Itulah mengapa, ada kolom S (Sakit), I (Izin), dan A (Alpa) pada rapor anak. Nah, untuk yang “izin”, sering kali berbeda tipis dengan “alpa”, bahkan kadang membolos “diperhalus” menjadi izin. Yang model ini tentunya juga tak boleh dibiarkan terus berlanjut. Mama Papa juga tidak diperbolehkan untuk mencaricari alasan agar anaknya membolos. Perlu diingat, perkembangan manusia memiliki tahapan berbeda-beda dan tidak bisa dikotak-kotakkan. Setiap tahap berkesinambungan, misalnya, sejak TK ada perilaku salah yang tidak diperbaiki, maka akan berlanjut ke tahap selanjutnya.

Peranan orangtua dan guru sangat besar pengaruhnya terhadap karakter dan kepribadian anak, terlebih dalam tahapan prasekolah dan sekolah. Jadi, kalau orangtua mengharapkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik, maka bentuklah kebiasaan-kebiasaan yang benar dan perilakuperilaku yang tepat sejak si anak masih kecil. Juga, ajari anak untuk taat aturan-aturan, baik aturan di rumah maupun di sekolah. Selain itu, jagalah lingkungannya, dengan siapa anak bergaul.

Karena jika anak sudah masuk usia remaja, akan sangat sulit untuk membentuk dan menerapkan kebiasaan kebiasaan baik, sehingga mudah terjerumus hal-hal negatif seperti kriminalitas. Tentunya, orangtua harus konsisten dan bijaksana, karena anak masih berada dalam tanggung jawab orangtua. Jangan sampai orangtua membuat alasan sendiri untuk membenarkan perilaku membolos, itu akan terekam di memori anak bahwa membolos diperbolehkan dan bukanlah sesuatu yang salah.

Hal lain yang perlu diperhatikan, orangtua sebisa mungkin mengatur waktu untuk tidak membuat kegiatan atau liburan pada hari sekolah. Jadi, kuncinya ada pada orangtua, bagaimana orangtua bisa mengajarkan bahwa sekolah adalah sesuatu yang penting dan berharga. Dengan begitu, anak juga merasa dihargai, dia akan diarahkan dan dididik bahwa kegitan sekolah itu penting, sama pentingnya dengan pekerjaan Mama Papa di kantor.

Parenting
Adek Besok Enggak Usah Sekolah Ya

“AH, masih di TK ini, enggak apalah sekali-sekali bolos sekolah!” Mungkin begitu pemikiran sebagian besar orangtua. Apalagi alasannya cukup masuk akal, semisal orangtua harus keluar kota beberapa hari, sementara anak di rumah tidak ada yang menjaga sehingga “terpaksa” diajak. Sebenarnya, boleh apa enggak sih mengajari anak TK untuk membolos? Hmm… …

Parenting
Ikut Lomba Sejak Usia 3 Tahun

Adelina Patty, ibu dari Jeremias David Paulus (12) “Kesukaan David pada musik saya ketahui saat usianya 9 bulan. Ceritanya, saat kakaknya sedang berlatih piano di rumah, David yang masih bayi menangis minta didudukkan disebelah kakaknya. Saat itu saya berasumsi, ‘Mungkin David ada minat juga di piano seperti kakaknya.’ Ketertarikan dan …