Pembangunan Pertanian Indonesia Berkelanjutan

Berita

Pembangunan Pertanian Indonesia Berkelanjutan

Sepanjang 2018 CropLife Indone – sia melaksanakan berbagai ke – giatan sebagai perwujudan ko – mit men dalam pembangunan sektor pertanian yang berkelanjutan, utama – nya dengan memperkenalkan teknologi perlindungan tanaman yang aman, efektif dan bijaksana, dalam upayanya membantu menjaga kuantitas dan kualitas hasil pertanian dan perkebunan serta dukungan terhadap nawa cita pemerintah dalam tercapainya swasembada dan ketahanan pangan. CropLife Indonesia merupakan ba – gian dari asosiasi dunia yang tersebar di 91 negara dan berkantor pusat di Brussels, Belgia. Asosiasi nonprofit ini mewakili perusahaan global berbasis research and development, yaitu PT BASF Indonesia, PT Bayer Indonesia, Corteva Agriscience, PT FMC Agri cul – tural Manufacturing, PT Nufarm In do – ne sia, dan PT Syngenta Indonesia. Per – usahaan-perusahaan tersebut fo kus pada pengembangan formulasi, pro – duksi, distribusi produk per lin dungan dan pengendalian hama pe nya kit tanaman, bioteknologi, dan benih. “Melalui 7 divisi yang dimiliki, Crop – Life berkomitmen penuh pada penggunaan produk perlindungan tanaman yang aman dan bertanggung jawab untuk menyediakan makanan aman dan berlimpah serta mengendalikan serangga hama dan vector penyakit serta penyakit tanaman untuk perlindungan kesehatan manusia,” jelas Agung Kurniawan, Executive Director CropLife Indonesia.

Technical & Regulatory Affairs

“Kami sepenuhnya mendukung per – baikan peraturan dengan menerapkan pendekatan berbasis ilmiah untuk memungkinkan teknologi baru ter – sedia bagi petani, menjunjung tinggi International Code of Conduct FAO dalam produk perlindungan tanaman serta anti trust law reminder,” ungkap Agung. l Sejak 2002 CropLife ASEAN dan CropLife Asia telah melakukan harmonisasi residu. Pada 2009 – 2012 FAO melakukan asistensi di negara-negara Asia Tenggara untuk dapat mengimplementasikan regu – la si dan harmonisasi pengelolaan pestisida. Dan regulasi ini telah di – terapkan negara ASEAN sejak 2013 sebagai standar regulasi untuk pe – netapan residu.

  • lPelaksanaan Harmonisasi Phase II – Toxicology di Manila, Filipina, pada 7 – 13 Oktober 2018. lThe Regional Network on Pesticide for Asia Pacific (RENPAP), 3 – 7 September 2018. lStrategic Approach to International Chemicals Management (SAICM), 23 – 25 Januari 2018.
  • lIdentifikasi dalam persiapan Road Map Pestisida – Internal Workshop: Anambas 10 – 11 Oktober 2018 sebagai acuan dalam pengembangan industri pestisida di masa yang akan datang.
  • lPartisipasi dalam beberapa kegiatan lokakarya dan seminar internasio – nal tentang pestisida di antaranya pengelolaan resistensi, yaitu Per – kem bangan dan Harmonisasi Pema – haman tentang Resistensi Gulma terhadap Herbisida di Indonesia.
  • lPameran Lingkungan Hidup (Ke – men terian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), di mana CropLife Indo – nesia ditetapkan sebagai peserta terbaik ke-3, dan pameran Hari Pangan Sedunia (Kementerian Pertanian).
Berita
Mekanisasi Pemupukan di Kebun Sawit Bagian 2

Langkah Pemupukan Pemupukan mekanis dapat terlaksana dengan baik asalkan memenuhi beberapa persyaratan, antara lain kelayakan lahan untuk mekanisasi, kualitas pupuk dan trans portasi pupuk ke lahan serta kesiap – an kebun dalam pemeliharaan alat. Sebelum dilaksanakan kegiatan meka – nis, survei kelayakan lahan sangat diper – lukan untuk memastikan kesiapannya. …

Berita
Mekanisasi Pemupukan di Kebun Sawit

Pemupukan merupakan aktivitas uta ma dalam budidaya kelapa sawit terkait perannya dalam pemben – tuk an buah. Kegiatan ini juga terbilang penting mengingat biayanya mencapai 60% dari total biaya operasional. Dalam praktik budidaya kon – vensional, pemupukan dilaku – kan secara manual oleh tenaga kerja manusia. Mereka melaku – kan …

Berita
Pembangunan Pertanian Indonesia Berkelanjutan Bagian 2

Tatakelola Penggunaan Produk Pestisida Stewardship merupakan mata rantai dari suatu siklus menajemen produk. Mata rantai tersebut adalah upaya, tang gung jawab, dan etika dalam me – ngelola produk perlindungan tanaman dari penemuan, pengembangan, dis – tribusi, penggunaan hingga pem – buang an akhir kemasan pestisida. lKampanye Program Pengendalian Hama dan …