Pembangunan Pertanian Indonesia Berkelanjutan Bagian 2

Berita

Tatakelola Penggunaan Produk Pestisida

Stewardship merupakan mata rantai dari suatu siklus menajemen produk. Mata rantai tersebut adalah upaya, tang gung jawab, dan etika dalam me – ngelola produk perlindungan tanaman dari penemuan, pengembangan, dis – tribusi, penggunaan hingga pem – buang an akhir kemasan pestisida.

  • lKampanye Program Pengendalian Hama dan Penyakit Terpadu yang berkolaborasi dengan Australian Indonesia Partnership, AIP PRISMA 2017 – 2018. PRISMA adalah program multitahun yang meru pa – kan bagian dari strategi pembangun an jangka menengah Peme – rintah Indonesia untuk mem per – cepat pengurangan kemiskinan melalui per tumbuhan ekonomi yang inklusif. Dengan dukungan Pemerintah Australia, program ini ber tujuan meningkatkan 30% pendapatan bersih 300ribu petani kecil di Jawa Timur, NTB, NTT, Papua Barat, dan Papua. Pada awal 2017, CropLife dan PRISMA mem – berikan pengetahuan tentang prak – tik pertanian yang baik dan praktik pestisida yang baik kepada para petani bawangmerahmelalui kampa – nye kesadaran pengendalian hama dan penyakit terpadu dengan pencapaian 2.610 petani teredukasi langsung melalui kegiatan ToU, 334 PPL dilatih melalui ToT serta 64.234 pe – tani tidak langsung yang akan terak – ses informasi dari kegiatan tersebut.
  • lTahun kedua kerjasama dengan Jaringan Radio Komunitas Indo – nesia, November 2018 – April 2019, bertema pertanian berkelanjutan me lalui edukasi penggunaan pro – duk perlindungan tanaman yang ber tanggung jawab serta kese – lamatan diri pengguna. Program ini dilaksanakan di Kabupaten Karo, Sumut, sentra penghasil buah dan bunga yang banyak penduduknya bermata pencaharian sebagai petani tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan.
  • lCropLife Indonesia juga melakukan studi awal pengelolaan kemasan wadah bekas pestisida yang berkolaborasi dengan Universitas Chulalongkorn Thailand dan Universitas Negeri Jakarta, dengan target melihat sejauh mana pengetahuan dan kesadaran petani dan retailer dalam pengumpulan kemasan wadah bekas pestisida serta kebiasaan petani dalam melakukan pencucian sehingga meminimalisir isu residu di kemasan bekas yang ada.

Anti-Counterfeiting & Illegal Product

Divisi Anti-Pemalsuan Pestisida menjalin komunikasi dalam membangun pemahaman dengan lintas pemangku kepentingan tentang potensi bahaya dan kerugian akibat peredaran pestisida palsu atau ilegal di tingkat pusat hingga daerah. Tidak terkecuali penegakan hukum terhadap para pelaku pemalsuan.

  • lBerbagai kampanye dan edukasi dalam meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan petani, retailer dan juga stakeholder lainnya terus dilakukan, sehingga diharapkan mampu memberikan pemahaman awal akan adanya potensi produk palsu dan ilegal yang beredar di pasaran.

Komunikasi dan Hubungan Masyarakat

Pada era modern saat ini media komunikasi telah berkembang dan ber transformasi ter utama dalam pemanfaatan digital media platform, baik media online maupun media sosial yang se – makin berperan besar dalam penyampaian informasi kepada ma – syarakat umum terma – suk petani. Karena itu, CropLife Indonesia berupaya mening kat – kan kapasitas dan kapa – bilitas serta pengeta hu – an para jurnalis untuk membantu melakukan penyebaran informasi yang tepat kepada petani.

  • lSelama 2018, sebanyak tiga kali dilakukan kelas pestisida untuk jurnalis. Dalam kesempatan tersebut CropLife Indonesia menghadirkan narasumber dari Ketua Tim Teknis Komisi Pestisida, Prof. Dr. Dadang, M.Sc. dan Kanit 5 Dit. Tipidter Bareskrim Polri, AKBP Sugeng Irianto.
  • lAjang penghargaan bagi media dan pewarta yang selama ini telah ikut membantu dalam pemberitaan dan edukasi tentang per tanian dan produk perlindungan tanaman kepada masyarakat. Kepada para jurnalis CropLife memberikan penghargaan “CropLife Agriwarta Awards 2018”
Berita
Mekanisasi Pemupukan di Kebun Sawit Bagian 2

Langkah Pemupukan Pemupukan mekanis dapat terlaksana dengan baik asalkan memenuhi beberapa persyaratan, antara lain kelayakan lahan untuk mekanisasi, kualitas pupuk dan trans portasi pupuk ke lahan serta kesiap – an kebun dalam pemeliharaan alat. Sebelum dilaksanakan kegiatan meka – nis, survei kelayakan lahan sangat diper – lukan untuk memastikan kesiapannya. …

Berita
Mekanisasi Pemupukan di Kebun Sawit

Pemupukan merupakan aktivitas uta ma dalam budidaya kelapa sawit terkait perannya dalam pemben – tuk an buah. Kegiatan ini juga terbilang penting mengingat biayanya mencapai 60% dari total biaya operasional. Dalam praktik budidaya kon – vensional, pemupukan dilaku – kan secara manual oleh tenaga kerja manusia. Mereka melaku – kan …

Berita
Pembangunan Pertanian Indonesia Berkelanjutan

Pembangunan Pertanian Indonesia Berkelanjutan Sepanjang 2018 CropLife Indone – sia melaksanakan berbagai ke – giatan sebagai perwujudan ko – mit men dalam pembangunan sektor pertanian yang berkelanjutan, utama – nya dengan memperkenalkan teknologi perlindungan tanaman yang aman, efektif dan bijaksana, dalam upayanya membantu menjaga kuantitas dan kualitas hasil pertanian dan …