Kontrak Baru Freeport Diteken Segera

Kontrak Baru Freeport Diteken Segera
Berita

Kontrak Baru Freeport Diteken Segera – Proses pengambilalihan 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI) oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) terus bergulir. Pemerintah menjanjikan perundingan pembelian 51% PTFI rampung dalam waktu dekat. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Inalum berupaya menyelesaikan seluruh perjanjian pada pekan ini. Beredar kabar, Pemerintah Indonesia, Inalum, Freeport-McMoRan Inc (FCX) dan Rio Tinto segera meneken dokumen sales and purchase agreement (SPA).

Penandatangan SPA tersebut merupakan tindak lanjut kesepakatan awal atau head of agreement (HoA) para pihak terkait dengan pengambilalihan 51% saham PTFI, pada Juli lalu. Namun, Saya belum mendapatkan kabar. Pokoknya, pekan ini selesai. Kan janji ibu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) akhir September, ungkap Fajar Harry Sampurno, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, di Gedung DPR, Rabu (26/9).

Dia menyebutkan, ada lima perjanjian yang harus diselesaikan ihwal akuisisi 51% saham Freeport Indonesia. Tapi Fajar enggan membeberkan secara mendetail lima perjanjian tersebut. Satu hal yang pasti, kata Fajar, Inalum sudah menyiapkan pendanaan untuk mengambilalih 51% saham Freeport Indonesia. Bayarnya bisa nanti-nanti. Pokoknya akan diselesaikan. Soal pembayaran tanya Inalum, ujar dia. Setidaknya, tiga dari lima perjanjian yang mesti diselesaikan oleh pihak-pihak terkait adalah kesepakatan awal HoA) pada Juli lalu, kemudian penandatanganan SPA dan penandatanganan shareholder agreement (SHA).

Saat dikonfirmasi terkait dengan rencana penandatanganan perjanjian jual beli 51% saham, Jurubicara PT Freeport Indonesia, Riza Pratama, embenarkan akan ada penandatangan SPA. Tapi, penandatanganan itu bukan ranah manajemen Freeport Indonesia, melainkan FCX dan Rio Tinto. Saya dengar katanya hari ini (kemarin). Tapi tidak jadi ya, ungkap dia kepada media, kemarin. Dengan penandatanganan SPA tersebut, menurut Riza, pemerintah maupun Inalum belum sepenuhnya menguasai 1% Freeport Indonesia. Ia menganalogikan bahwa SPA seperti perjanjian jual beli akta tanah. Dia belum bersedia mengungkapkan realisasi penyelesaian transaksi pengambilalihan 51% saham Freeport Indonesia. Masih ada tahapan selanjutnya yang harus diselesaikan, ungkap Riza.

Kita doakan saja semoga kesepakatan baru ini segera di tanda tangani kedua belah pihak dan lebih bisa menguntungkan untuk bangsa Indonesia.

Berita
Mekanisasi Pemupukan di Kebun Sawit Bagian 2

Langkah Pemupukan Pemupukan mekanis dapat terlaksana dengan baik asalkan memenuhi beberapa persyaratan, antara lain kelayakan lahan untuk mekanisasi, kualitas pupuk dan trans portasi pupuk ke lahan serta kesiap – an kebun dalam pemeliharaan alat. Sebelum dilaksanakan kegiatan meka – nis, survei kelayakan lahan sangat diper – lukan untuk memastikan kesiapannya. …

Berita
Mekanisasi Pemupukan di Kebun Sawit

Pemupukan merupakan aktivitas uta ma dalam budidaya kelapa sawit terkait perannya dalam pemben – tuk an buah. Kegiatan ini juga terbilang penting mengingat biayanya mencapai 60% dari total biaya operasional. Dalam praktik budidaya kon – vensional, pemupukan dilaku – kan secara manual oleh tenaga kerja manusia. Mereka melaku – kan …

Berita
Pembangunan Pertanian Indonesia Berkelanjutan Bagian 2

Tatakelola Penggunaan Produk Pestisida Stewardship merupakan mata rantai dari suatu siklus menajemen produk. Mata rantai tersebut adalah upaya, tang gung jawab, dan etika dalam me – ngelola produk perlindungan tanaman dari penemuan, pengembangan, dis – tribusi, penggunaan hingga pem – buang an akhir kemasan pestisida. lKampanye Program Pengendalian Hama dan …