Audi Q3 1.4 Mobil Lengkap untuk Bepergian Jauh

Otomotif

Mendapatkan sebuah unit Audi Q3 1.4 untuk diuji di ajang Holiday Test Drive, membuat saya begitu bersemangat. Bagaimana tidak, karena saya sudah tahu impresi dari mobil tersebut. Sehingga, saya antusias untuk menggunakannya sebagai kendaraan liburan lebaran tahun ini. Kami pun mengawali perjalanan di hari yang diperkirakan menjadi puncak arus mudik, yaitu tanggal 15 Juli 2015.

Kemacetan sepanjang perjalanan menuju kampung halaman di Purbalingga, Jawa Tengah, akan menjadi tantangan untuk menguji kenyamanan mobil ini pada titik ekstremnya. Diawali lalu lintas yang padat tol Cikampek hingga Cikopo. Demi menghilangkan kejenuhan, hiburan kabin mutlak digunakan sepanjang perjalanan. Untungnya, Audi Q3 1.4 dilengkapi tata suara kabin yang sangat luar biasa. Meski masih menggunakan speaker standar, lantunan bass, treble serta sound staging dari speaker terdengar sangat baik. Kualitas panel interior pun layak diacungi jempol. Tidak ada getaran antar panel saat suara musik bass diputar dengan volume tinggi.

Selepas kemacetan, kami mulai disuguhi lalu lintas lancar di tol Cipali. Tentu menjadi momentum untuk menguji performa mesin 1.395 cc turbo dengan tenaga 150 dk. Pengalaman unik pun terjadi saat itu. Orang tua saya yang biasanya gusar jika berkendara dengan kecepatan tinggi, kali ini pun tidak berkomentar. Hal ini disebabkan suasana kabin yang tenang meski mobil melaju di kecepatan tinggi.

Kami kembali dihadapkan pada lalu lintas macet parah di daerah Losari, Jawa Barat. Awalnya saya sedikit ragu akan mesin mobil yang dikembangkan di Negara empat musim. Apakah mobil ini tahan melintasi jalanan macet yang khas dengan suhu mesin tinggi? Untungnya ketika melihat bagian mesin saat beristirahat, mobil ini dilengkapi dua buah extra fan yang menjamin suhu mesin tetap stabil.

Setelah melewati semua rangkaian kemacetan jalur Pantura, kami melintasi jalan berliku dengan kondisi jalan bergelombang di Bumiayu, Jawa Tengah. Ketika melintasi jalan itu, Q3 kembali unjuk gigi mengenai sistem suspensi yang mampu meredam kejutan dengan baik saat bermanuver. Efeknya, keluarga tetap nyaman menikmati perjalanan.

Setelah tiba di Purbalingga, kami menyempatkan diri untuk berkunjung ke kawasan wisata Gunung Slamet, Purbalingga. Di medan menanjak khas pegunungan, Audi Q3 kembali memberikan kesenangan, transmisi dualclutchnya sangat sigap dalam me libas setiap tanjakan. Tidak terjadi penurunan putaran mesin yang berarti selama proses pergantian gigi.

Jujur, ketika membawa mobil ini kami merasa khawatir. Bagaimana jika mobil ini mengalami kerusakan selama perja lanan? Jaringan dealer dan servis yang terbatas memang menjadi hambatan utama mobil ini ketika dipakai berkendara jauh. Tapi di sisi lain karena unit Q3 yang terbatas, mobil ini berhasil menjadi objek penarik perhatian selama perjalanan.

Otomotif
Liburan Berkesan dengan Chevrolet Captiva Diesel Bagian 2

Sedikit kurang liar, namun performa mesin masih cukup oke. Dorongan torsi besar membuatnya mudah melampaui rute menanjak tol Cipularang. Enam rasio gigi juga membuatnya tidak lekas kehabisan napas. Kondisi jalan cukup lancar ini membuatnya sanggup mengukir konsumsi BBM diesel 11,62 km/l pada MID. Apakah tergolong irit? Kami rasa sudah pas …

Otomotif
Liburan Berkesan dengan Chevrolet Captiva Diesel

Berbodi besar, SUV Amerika ini memberikan kenyamanan dan kelegaan kabin prima. Dengan daya angkut hingga 7 penumpang, Chevrolet Captiva memberikan kami pengaturan akomodasi ? eksibel antara pe numpang dan barang. Alhasil perjalanan liburan kami kali ini terasa lebih praktis. Bandung menjadi destinasi Hodiday Test Drive 2015. Selama perjalanan kami disajikan …